Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan lingkup Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2015 sudah hampir sepekan berlangsung.  kali ini (Kemarin 12Feb2014) Tim Musrenbang dari Kabupaten berada di Kecamatan Bahar Selatan yang merupakan salah satu kecamatan yang letaknya cukup jauh ( 2 jam perjalanan ) dari Ibu kota Kabupaten Muaro Jambi (Sengeti), akan tetapi jarak tempuh yg jauh tidak membuat semangat Tim Musrenbang baik dari Bappeda, DPRD dan SKPD terkait kendor.

Bertempat di Aula kantor Camat Bahar Selatan, musrenbang RKPD tingkat Kecamatan dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi : Salma Mahir,SE ,Anggota DPRD dapil Mestong, Bahar Utara, Sungai Bahar dan Bahar selatan, Camat Bahar Selatan Drs. Tusiyem, Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman, Kapolsek , Koramil, SKPD, Para Kepala Desa Se-Kecamatan Bahar Selatan, para Sekdes, para BPD, dan Para Tokoh Masyarakat.

Camat Bahar Selatan Drs. Tusiyem dalam sambutanya, “berterima kasih atas peran aktif para Kades dan Sekdes juga masyarakat se-Kecamatan Bahar Selatan dalam musyawarah rencana pembangunan di tingkat desa yang telah berlangsung dengan lancar kondusif dan sukses sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yangg benar2 menjadi kebutuhan masyarakat Bahar Selatan. Selain itu juga Camat memaparkan kegiatan pembangunan yg telah dilaksanakan  pada tahun 2014 lalu semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat bahar selatan secara langsung. dan untuk kedepan semoga Pembangunan di Bahar Selatan yg mana telah diusulkan melalui sistem bottom up planing (Musrenbang Desa) dan berdasarkan skala prioritas dapat terwujud.

Sambutan Bupati Muaro Jambi yg mana dalam hal ini dibacakan oleh Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman menyatakan, musrenbang kali ini mengusung tema " wujudkan sinergitas perencanaan pembangunan dalam tatanan perencanaan pembangunan kabupaten muaro jambi yang lebih baik". Selain itu juga bupati berpesan agar benar-benar mencermati aturan yang baru seperti undang2 23 tahun 2014 ttg pemerintahan daerah , undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang pemerintahan desa dan undang-undang pilkada. Terakhir agar seluruh skpd dan pemangku kepentingan bersama - sama, bahu membahu dalam membangun kabupaten muaro jambi lebih baik lagi

Guna mewujudkan Muaro Jambi yang Serdas Kuad Maju Bersama.

Ketua DPRD Salmah Mahir, SE dalam sambutannya diawali dengan perkenalan diri seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Beliau menjelaskan awal karirnya sebagai seorang guru hingga terjun kedunia politik dan menjadi ketua DPRD Ma. Jambi, kemudian Ketua DPRD memperkenalkan satu persatu dari 5 orang Anggotanya yg hadir diacara tersebut yg berasal dari Dapil Bahargroup dan mestong. Selain itu Ketua DPRD juga mengatakan " di bahar selatan ini unik berbeda dengan kecamatan lainnya, Saya (ketua DPRD) sudah 4 kali hadir di kecamatan mengikuti Musrenbang cuma di Bahar Selatan ini saya ada teman ibu-ibu duduk di depan biasanya saya (ketua DPRD) di apit oleh bapak-bapak, memang untuk membangun diperlukan sentuhan wanita candanya, langsung disambut dengan tepuk tangan dari peserta musrenbang. Hal ini dikarenakan Kecamatan Bahar Selatan Dipimpin oleh seorang wanita (camat), dan satu-satunya di Kabupaten Muaro Jambi. Semoga di tangan ibu Camat Pembangunan di bahar selatan dapat ditingkatakan demi kemajuan Muaro Jambi yang kita cintai tutupnya.


Musyawarah Rencana Pembangunan dipimpin langsung oleh  kepala bappeda Drs.Fathurrahman beliau menjelaskan sedikit tentang mekanisme perencanaan pembangunan daerah dan tata tertib  rapat musrenbang, Kemudian pimpinan meminta datuk (kades)  untuk memaparkan  usulan kegiatan prioritas pembangunan dr desa sekecamatan bahar selatan utk tahun 2016 yang dalam hal ini diwakili oleh ketua forum Kades Bakhori Lubis,SE dari Desa Tanjung Sari yang dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Kemudian  pimpinan rapat meminta SKPD terkait untuk menyampaikan kegiatan yg dilaksanakan di kecamatan Bahar selatan pada tahun 2015 sekaligus memberikan tanggapan dan penjelasan atas usulan dan pertanyaan dari kepala desa dan peserta rapat musrenbang.

Dan acara diakhiri dengan penandatangana berita acara musrenbang kecamatan Bahar Selatan oleh para pemangku kepentingan. semoga ke depan Kabupaten muaro jambi lebih baik.????
(Andie-Bappeda2015)

Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 13 Februari 2015 10:45 )