KUNJUNGAN ROMBONGAN BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) JAMBI

 

Kemarin(red), Tanggal 01 Maret 2017; Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muaro Jambi di kunjungi oleh rombongan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dalam rangka Tatap Muka antara kedua instansi membicarakan dalam hal Penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian di Kabupaten Muaro Jambi. Dalam pembicaraan Tatap Muka ini rombongan BPTP Provinsi Jambi ingin sharing informasi dan kegiatan terutama dibidang pertanian dan perternakan, seranjutnya rombongan ini diketuai oleh Ibu Ir. Linda Yanti, M. Si selaku Tim Koordinator Wilayah Kabupaten Muaro Jambi, dengan Tim peneliti yang ikut serta adalah Dr. Zubir, SPt, MP, Dr. Desi Hernita, SP,MP dan Dr. Lutfi Izhar, SP, M.Sc. Tim Koordinator ini bekerja dalam bidang penelitian, pengembangan pertanian dan peternakan sekaligus Suwon di Awal Tahun dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan mereka di Kabupaten Muaro Jambi.

Seperti kabupaten lainnya BPTP berharap bahwa ada peningkatan yang lebih baik antara kedua belah pihak terutama dibidang penelitian, malahan ada Kabupaten yang telah melakukan MoU Penelitian dan pengembangan dalam bidang pertanian dan peternakan, untuk menggali potensi yang ada didaerahnya sehingga tanaman apa yang baik dan cocok dan bagus  untuk ditanam didaerahnya. Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan Oleh BPTP di tahun 2017 ini di Kabupaten Muaro Jambi yaitu :

  1. Kajian Teknologi Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Cabai Merah dan Bawang Merah Ramah Lingkungan di lahan Marginal Provinsi Jambi.
  2. Pengembangan Integrasi Sapi Menuju Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan.
  3. Pendampingan Kawasan Hortikultura (Cabai dan Jeruk) Nasional.
  4. Pendampingan dan Pengawalan Program Strategis Kementerian Pertanian (Upsus Padi, Jagung, Kedelai Komoditas Utama Lainnya) di kabupaten Muaro Jambi.
  5. Pengembangan Pola Tanam Tanaman Pangan. (merupakan Kegiatan Baru)

Bapak Drs. H. Sudirman, M.Si selaku Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi sangat berterima kasih atas kunjungan  Tim Koordinasi BPTP dalam rangka melakukan Penelitian dan Pengembangan dibidang Pertanian dan Peternakan, sehingga Kabupaten Muaro Jambi Kedepan dapt mengembangkan Potensinya sehingga dapat menyerap Tenaga Kerja lebih banyak dan mengurangi pengangguran, selain dari itu sambung Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi "Saya akan Koordinasikan dengan Kepala SKPD terkait agar dapat membantu dan menfasilitasi Kegiatan yang akan dilakukan oleh BPTP Provinsi Jambi'.

Dengan adanya kerjasama di Bidang Penelitian ini diaharapkan adanya MoU antara keduabelah pihak dan melakukan penelitian dan pengembangan  untuk memaksimalkan dan menggali potensi daerah menjadi potensi unggulan.

Dijelaskan oleh Ibu Linda bahwa dahulu beberapa tahun yang lalu telah dilakukan budidaya tanaman Jeruk Pamelo dengan perkiraan besaran buahnya 1 (satu) buah sebesar Kepala (berat lebih kurang antara 7 Kg s/d 10 Kg), dan sekarang mudah-mudahan akan digalakkan lagi penlitiannya mulai dari pengelolaan bibi (hulu) hingga pengelolaan hasil panen (hilirnya) nanti. Pada waktu pameran Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi jeruk ini sudah dipamerkan pada stand Pamerang Kabupaten Muaro Jambi dan mendapat antusias dari masyarakat Pengunjung yang ingin membeli buah dan bibitnya untuk dikembangkan.

Dibidang Peternakan telah dilakukan pula penelitian dan pengembangan terhadap ayam kampung petelur yang kalau dibandingkan dengan ayam lokal produksi telur yang dihasilkan olah ayam percontohan ini bisa dua kali lipat hasil produk telurnya, biasaya pertahun ayam kampung lokal menghasilkan telur 60(enam puluh) pertahun dengan ayam percontohan ini menghasilkan 120(seratus dua puluh) telur pertahun.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 07 Maret 2017 13:38 )