BAB I
PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang
Penyusunan Laporan Pengukuran Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD pada prinsipnya sama dengan penyusunan LAKIP Badan/Dinas/Kantor pada tahun sebelumnya, perubahan nomenklatur ini menyesuaikan nomenklatur yang terdapat didalam kode rekening APBD berdasarkan Permendagri 13 tahun 2004.
Pengukuran Capaian Kinerja SKPD menggambarkan uraian pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka pencapaian Visi dan Misi, begitu pula mengenai penjelasan tentang kinerja dan capaian kerja, analisis capaian kinerja, permasalahan dan strategi pemecahannya dalam upaya meningkatkan Kinerja SKPD dimasa mendatang.
Penyusunan kinerja ini masih mengacu pada Inpres RI Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan berdasarkan Modul Pengukuran dan Evalusi Kinerja Daerah yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Kinerja Otonomi Daerah-LAN (PPKOD-LAN) Tahun 2006.
Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Muaro Jambi Nomor 25 Tahun 2011 dijelaskan bahwa Badan Perencana Penelitian Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muaro Jambi membantu Bupati dalam menentukan kebijaksanaan dibidang perencanaan dan penelitian pembangunan didaerah Kabupaten Muaro Jambi dan kelompok Jabatan Fungsional.
Kelembagaan organisasi Bappeda Kabupaten Muaro Jambi terdiri dari Kepala, Sekretariat, Bidang Perekonomian, Bidang Sosial Budaya, Bidang Prasarana Fisik dan Pengembangan Wilayah, Bidang Pendataan dan Penelitian, dan kelompok Jabatan Fungsional.
Kegiatan perancanaan dan penelitian yang dibawah koordinasi Bappeda ditangani oleh Bidang Perekonomian, Bidang Sosial Budaya serta Bidang Prasarana Fisik dan Pengembangan Wilayah

2.    Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penyusuna Laporan Kinerja dan ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD Bappeda Kabupaten Muaro Jambi adalah :
a.    Sebagai evaluasi Instansi Bappeda dalam waktu satu tahun.
b.    Sebagai bahan pertanggungjawaban atas kinerja pimpinan Bappeda kepada Bupati.
c.    Sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan atau dalam menetapkan kebijan sector pembangunan.

3.    Tugas dan Pokok Fungsi
Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Muaro Jambi Nomor 25 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Bappeda Kabupaten Muaro Jambi, maka tugas pokoknya adalah membantu Bupati Muaro Jambi dalam menentukan kebijakan dibidang perencanaan dan penelitian pembangunan daerah Kabupaten Muaro Jambi. Selanjutnya fungsi Bappeda adalah sebagai berikut :
a.    Meyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Muaro Jambi.
b.    Meyusun Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Muaro Jambi.
c.    Meyusun Program pembangunan dalam dokumen Rencana Kinerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muaro Jambi.
d.    Melakukan koordinasi Perencanaan antar SKPD dalam lingkup Pemerintah Daerah, Instansi Vertical, Kecamatan dan Badan-badan yang berada dalam wilayah/daerah Kabupaten Muaro Jambi.
e.    Meyusun RAPBD Kabupaten bersama-sama dengan bagian keuangan dan Dinas Pendapatan Daerah dengan koordinasi Sekretaris Daerah Kabupaten.
f.    Malakukan Koordinasi Penelitian untuk kepentingan perencanaan pembangunan daerah.
g.    Mengikuti persiapan dan perkembangan pelaksanaan rencana pembangunan di daerah.
h.    Melaksanakan monitoring evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan pembangunan daerah.
i.    Melakukan kegiatan lain dalam rangka perancanaan sesuai dengan petunjuk dan arahan Bupati Muaro Jambi.









Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 28 Juli 2016 14:22 )