SITUS RESMI BAPPEDA KABUPATEN MUARO JAMBI (http://www.bappedamj.muarojambikab.go.id) Tag Line Muaro Jambi : “MUARO JAMBI MELAYANI"
BERITA TERKINI ..
article thumbnailBERITA BAPPEDAMUSRENBANG KEC. JALUKO 2015

  Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi memasuki hari ke 3 yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Jambi luar Kota Rabu 11 Februari 2015.

Acara dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jam [ ... ]


Other Articles
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHARI INI285
mod_vvisit_counterKEMARIN366
mod_vvisit_counterMINGGU INI285
mod_vvisit_counterMINGGU LALU2187
mod_vvisit_counterBULAN INI7083
mod_vvisit_counterBULAN LALU12315
mod_vvisit_counterTOTAL313920

Kami memiliki: 22 Tamu online
Your IP: 54.156.65.91
 , 
Today: Jul 23, 2017
Login Form



Home
BERITA KEGIATAN
BERITA BERGAMBAR
img-20170202-wa0015.jpgimg-20170209-wa0017.jpgimg-20170209-wa0019.jpgimg-20170209-wa0020.jpgimg-20170209-wa0021.jpg

MUSRENBANG TK. KABUPATEN

MUSRENBANG TINGKAT KABUPATEN MUARO JAMBI

TAHUN ANGGARAN 2017

 



Musyawarah Pembangunan Daerah Kabupaten Muaro Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2017 dibuka oleh Pj. Bupati Muaro Jambi, Bapak Kailani SH, M.Hum. Musrenbang Kabupaten Muaro Jambi dilaksanakan guna menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018. Musrenbang ini dihadiri juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Kepala OPD di Kabupaten Muaro Jambi dan Camat di Kabupaten Muaro Jambi.


Musrenbang Kabupaten ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan musrenbang Desa dan Musrenbang Kecamatan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Tanggal 01 Februari sampai dengan Tanggal 02 Maret 2017. Penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten ini bertujuan untuk menyempurnakan rancangan awal RKPD yang merupakan hasil kompilasi rancangan kerja daerah kepala daerah proses partisipatif. Mengklarifikasi usulan program kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepemerintah lewat Musrenbang Desa maupun Kecamatan.


Mekanis mepenyelenggaraan Musrenbang Kabupaten ini yaitu, pertama hasil kesepakatan dalam forum OPD di input melalui program system informasi sebagai lampiran rencana kerja, kedua seluruh OPD membuat daftar kegiatan dari kecamatan hasil kesepakatan yang selanjutnya ditandatangani oleh Kepala OPD. Usulan Musrenbang Kecamatan yang telah diproses ini terdiri dari berbagai bidang, diantaranya bidang ekonomi, infrasturktur, dan UKM. Penganggaran usulan terbagi dalam APBN, APBD Provinsi Jambi dan APBD Kabupaten Muaro Jambi.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 02 Mei 2017 12:43 )

 

FORUM SKPD KAB. MUARO JAMBI

FORUM SKPD KABUPATEN MUARO JAMBI

Pelaksanaan Forum SKPD Tingkat Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2018 dilaksanakan PadaTanggal 20 s/d 23 Maret 2017. Pada Pembukaan yang dilaksanakan padaTanggal 20 Maret 2017 dihadiri oleh Seluruh Pejabat yang Berada di Kabupaten Muaro Jambi, Anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi, dan Forkompimda di Kabupaten Muaro Jambi.


Forum yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Muaro Jambi ini dibagi menjadi empat hari. Pada hari Senin, 20 Maret 2017 dilaksanakan forum bersama Kecamatan Bahar Selatan, Bahar Utara dan Sungai Bahar. Pada Hari Selasa, 21 maret 2017 dilaksanakan forum bersama Kecamatan Kumpeh Ulu, Taman Rajo dan Kumpeh. Pada hari Rabu, 22 Maret 2017 dilaksanakan forum bersama Kecamatan Sungai Gelam, Mestongdan Jambi Luar Kota. Pada hari Kamis, 23 Maret 2017 dilaksanakan forum bersama Kecamatan Sekernan dan Marosebo. Hasil dari Forum SKPD ini adalah agar tersusunnya Rancangan Rencana Kerja SKPD, tersusunnya prioritas kegiatan yang sudah dipilah menurut sumber pendanaan dari APBD dan APBN.


Diskusi Forum ini dibagi menjadi tiga bidang yaitu bidang fisik, bidang ekonomi dan bidang sosbud. Forum pada Bidang Sosial Budaya dihadiri oleh Kepala Bidang Sosbud Bappeda Kabupaten Muaro Jambi serta anggota yang berasal dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan. Forum pada Bidang Ekonomi dihadiri oleh Kepala Bidang Ekonomi dihadiri oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Muaro Jambi serta anggota yang berasal dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan. Forum Bidang Fisik dihadiri oleh Kepala Bidang Fisik Bappeda Kabupaten Muaro Jambi serta anggota yang berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, dan Dinas Perhubungan.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 02 Mei 2017 12:43 )

 

Kunjungan BPTP JAMBI

KUNJUNGAN ROMBONGAN BALAI PENGKAJIAN TEKNOLOGI PERTANIAN (BPTP) JAMBI

 

Kemarin(red), Tanggal 01 Maret 2017; Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muaro Jambi di kunjungi oleh rombongan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dalam rangka Tatap Muka antara kedua instansi membicarakan dalam hal Penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian di Kabupaten Muaro Jambi. Dalam pembicaraan Tatap Muka ini rombongan BPTP Provinsi Jambi ingin sharing informasi dan kegiatan terutama dibidang pertanian dan perternakan, seranjutnya rombongan ini diketuai oleh Ibu Ir. Linda Yanti, M. Si selaku Tim Koordinator Wilayah Kabupaten Muaro Jambi, dengan Tim peneliti yang ikut serta adalah Dr. Zubir, SPt, MP, Dr. Desi Hernita, SP,MP dan Dr. Lutfi Izhar, SP, M.Sc. Tim Koordinator ini bekerja dalam bidang penelitian, pengembangan pertanian dan peternakan sekaligus Suwon di Awal Tahun dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan mereka di Kabupaten Muaro Jambi.

Seperti kabupaten lainnya BPTP berharap bahwa ada peningkatan yang lebih baik antara kedua belah pihak terutama dibidang penelitian, malahan ada Kabupaten yang telah melakukan MoU Penelitian dan pengembangan dalam bidang pertanian dan peternakan, untuk menggali potensi yang ada didaerahnya sehingga tanaman apa yang baik dan cocok dan bagus  untuk ditanam didaerahnya. Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan Oleh BPTP di tahun 2017 ini di Kabupaten Muaro Jambi yaitu :

  1. Kajian Teknologi Peningkatan Produktivitas dan Kualitas Cabai Merah dan Bawang Merah Ramah Lingkungan di lahan Marginal Provinsi Jambi.
  2. Pengembangan Integrasi Sapi Menuju Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan.
  3. Pendampingan Kawasan Hortikultura (Cabai dan Jeruk) Nasional.
  4. Pendampingan dan Pengawalan Program Strategis Kementerian Pertanian (Upsus Padi, Jagung, Kedelai Komoditas Utama Lainnya) di kabupaten Muaro Jambi.
  5. Pengembangan Pola Tanam Tanaman Pangan. (merupakan Kegiatan Baru)

Bapak Drs. H. Sudirman, M.Si selaku Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi sangat berterima kasih atas kunjungan  Tim Koordinasi BPTP dalam rangka melakukan Penelitian dan Pengembangan dibidang Pertanian dan Peternakan, sehingga Kabupaten Muaro Jambi Kedepan dapt mengembangkan Potensinya sehingga dapat menyerap Tenaga Kerja lebih banyak dan mengurangi pengangguran, selain dari itu sambung Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi "Saya akan Koordinasikan dengan Kepala SKPD terkait agar dapat membantu dan menfasilitasi Kegiatan yang akan dilakukan oleh BPTP Provinsi Jambi'.

Dengan adanya kerjasama di Bidang Penelitian ini diaharapkan adanya MoU antara keduabelah pihak dan melakukan penelitian dan pengembangan  untuk memaksimalkan dan menggali potensi daerah menjadi potensi unggulan.

Dijelaskan oleh Ibu Linda bahwa dahulu beberapa tahun yang lalu telah dilakukan budidaya tanaman Jeruk Pamelo dengan perkiraan besaran buahnya 1 (satu) buah sebesar Kepala (berat lebih kurang antara 7 Kg s/d 10 Kg), dan sekarang mudah-mudahan akan digalakkan lagi penlitiannya mulai dari pengelolaan bibi (hulu) hingga pengelolaan hasil panen (hilirnya) nanti. Pada waktu pameran Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi jeruk ini sudah dipamerkan pada stand Pamerang Kabupaten Muaro Jambi dan mendapat antusias dari masyarakat Pengunjung yang ingin membeli buah dan bibitnya untuk dikembangkan.

Dibidang Peternakan telah dilakukan pula penelitian dan pengembangan terhadap ayam kampung petelur yang kalau dibandingkan dengan ayam lokal produksi telur yang dihasilkan olah ayam percontohan ini bisa dua kali lipat hasil produk telurnya, biasaya pertahun ayam kampung lokal menghasilkan telur 60(enam puluh) pertahun dengan ayam percontohan ini menghasilkan 120(seratus dua puluh) telur pertahun.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 07 Maret 2017 13:38 )

 

MUSRENBANG DI KEC. TAMAN RAJO

MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH TINGKAT KECAMATAN

DI KECAMATAN TAMAN RAJO

 

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 09 Februari 2017 14:39 )

 

MUSRENBANG DI KEC. SEKERNAN

MURENBANG KECAMATAN DI KECAMATAN SEKERNAN

 

 

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 09 Februari 2017 10:31 )

 
Artikel Lain...

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL