SITUS RESMI BAPPEDA KABUPATEN MUARO JAMBI (http://www.bappedamj.muarojambikab.go.id) Tag Line Muaro Jambi : “MUARO JAMBI MELAYANI"
BERITA TERKINI ..
article thumbnailBERITA BAPPEDAMUSRENBANG KEC. JALUKO 2015

  Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi memasuki hari ke 3 yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Jambi luar Kota Rabu 11 Februari 2015.

Acara dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jam [ ... ]


Other Articles
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHARI INI326
mod_vvisit_counterKEMARIN366
mod_vvisit_counterMINGGU INI326
mod_vvisit_counterMINGGU LALU2187
mod_vvisit_counterBULAN INI7124
mod_vvisit_counterBULAN LALU12315
mod_vvisit_counterTOTAL313961

Kami memiliki: 63 Tamu online
Your IP: 54.156.65.91
 , 
Today: Jul 23, 2017
Login Form



Home
BERITA KEGIATAN
BERITA BERGAMBAR
img-20170202-wa0015.jpgimg-20170209-wa0017.jpgimg-20170209-wa0019.jpgimg-20170209-wa0020.jpgimg-20170209-wa0021.jpg

Rapat Evaluasi RPJMD

RAPAT EVALUASI DAN REVIEW RPJMD KABUPATEN MUARO JAMBI TAHUN 2011 - 2016

 

Rapat Evaluasi dan Review RJMD Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2011 - 2016 dilaksanakan di Ruangan Rapat Candi Gumpung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muaro Jambi, Pada Hari Senin Tanggal 11 Mei 2015. Rapat ini membahas mengenai Evaluasi kinerja SKDP sudah sampai sejauh mana kegitan dalam pencapaian target kegiatan pertahunnya.

Rapat ini di buka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Muaro Jambi : Drs. Fathurrahman yang dihadiri oleh Semua SKPD Lingkup Kabupaten Muaro Jambi yang terdiri atas Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan SKPD serta Kepala Bagian Setda Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam kegiatan ini ada 2 (dua) agenda yang dibahas yaitu : 1. Pembahasan Draft Penyusunan Buku Evaluasi dan Review RPJMD Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2011-2016 dan progresnya terhadap kegiatan SKPD setiap tahun, 2. Pembahasan Laporan Hasil Evaluasi Inspektorat Provinsi Jambi Tahun 2014.

Dalam Rapat Evaluasi dan Review RPJMD Kabupaten Muaro Jambi ini diminta kepada seluruh SKPD lingkup Kabupaten Muaro Jambi untuk membawa Restra SKPD guna untuk mensingkronisasikan antar Renstra SKPD dengan RPJMD Kabupaten. Agenda Evaluasi dan Review RPJMD ini dimaksudkan untuk melihat sampai sejauhmana SKPD telah melakukan Program dan Kegiatan serta Target yang ingin dicapai sudah terpenuhi atau belum. Apabila pada Tahun ke empat ini telah memenuhi target maka SKPD telah berhasil dalam melaksanakan Program dan kegiatannya begitu pula dengan indikatornya. Namun apabila belum terpenuhi, bagaimana langkah dan strategi SKPD dalam mencapai target yang diinginkan

Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Inspektorat Provinsi Jambi dimaksudkan adalah untuk meningkatkan penilaian terhadap Laporan Kinerja Pemerintahan Daerah yaitu LAKIP Kabupaten yang pada saat sekarang disebut dengan Laporan Kinerja (LKj). Penilaian terhadap laporan kinerja daerah ini tidak terlepas dari dukungan dari seluruh SKPD. Dalam penilaian ini LKj SKPD turut andil dalam mendongkrak Nilai LKj Kabupaten, apabila nilai LKj SKPD rendah dalam penilaian dalam hal ini sebagai sampel pemeriksaan maka tidak menutup kemungkinan LKj Kabupaten akan rendah namun apabila LKj SKPD mendapat nilai yang tinggi maka akan mendongkrak terhadap penilaian LKj Kabupaten selain ada penilaian lain yang juga turu memberikan nilai terhadap LKj Kabupate.

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 18 Juni 2015 08:38 )

 

LKPJ BUPATI 2014

 

Laporan Keterangan Bupati ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 dan diubah beberapakali dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, didalam Peraturan Pemerintah Nomor 03 Tahun 2004 dijelaskan bahwa Laporan Penyelenggaraan  Pemerintah Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Masyarakat pada Pasal 17,(1) LKPJ disampaikan kepada DPRD paling lambat 3 (tiga) bulan setelah Anggaran berakhir

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Muaro Jambi Tahun 2014 dilaksanakan dengan hikmad dan tertib pada hari ini Senin tanggal 30 Maret 2015, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati dihadiri oleh seluruh Unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkompinda), LSM, Kepala SKPD, Sekretaris Daerah beserta unsur lainnya.

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Muaro Jambi ini merupakan Laporan Kali ke 4 nya selama Bupati memimpin Kabupaten Muaro Jambi dalam Periode Kedua Kepemimpinannya.

Pada kesempatan ini Bupati menerangkan tentang keadaan Keuangan daerah serta belanja daerah sepanjang tahun 2014. selain dari pada itu Bupati juga menerangkan kemajuan daerah serta prestasi yang telah diraih sepanjang tahun 2014 tersebut. Bupati berharap bahwa dalam masa kepemimpinannya diharapkan kemajuan muaro Jambi dapat maju secara cepat dalam mencapai tujuan visi dan misi Kabupaten Muaro Jambi yaitu Cerdas, Kuad dan Maju Bersama, tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak kemajuan Kabupaten Muaro Jambi tidak akan terlaksana dengan baik.

Selain dari pada itu bupati menambahkan bahwa pembangunan dilakasanakan sesuai dengan skala prioritas, contohnya prioritas utama adalah dititik beratkan pada sektor pendidikan dan kesehatan. Diterangkannya pula bila dari kedua sektor ini pincang ibarat manusia tanpa kaki tidak bisa berjalan secara utuh oleh karena itu pembangunan disektor ini sangat Potensial dalam Pembangunan Daerah.

Menyinggung mengenai perimbangan tentang anggaran bupati menegaskan bahwa sudah sewajarnya Kabupaten Muaro Jambi perlu penambahan Pegawai, namun sesuai dengan komitmen beliau selama beliau masih manjadi Bupati Muaro Jambi Penerimaan Pegawai Negeri Sipil belum dapat dilaksanakan.

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 21 Mei 2015 13:59 )

 

MUSRENBANG KEC. 2015

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan lingkup Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2015 sudah hampir sepekan berlangsung.  kali ini (Kemarin 12Feb2014) Tim Musrenbang dari Kabupaten berada di Kecamatan Bahar Selatan yang merupakan salah satu kecamatan yang letaknya cukup jauh ( 2 jam perjalanan ) dari Ibu kota Kabupaten Muaro Jambi (Sengeti), akan tetapi jarak tempuh yg jauh tidak membuat semangat Tim Musrenbang baik dari Bappeda, DPRD dan SKPD terkait kendor.

Bertempat di Aula kantor Camat Bahar Selatan, musrenbang RKPD tingkat Kecamatan dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi : Salma Mahir,SE ,Anggota DPRD dapil Mestong, Bahar Utara, Sungai Bahar dan Bahar selatan, Camat Bahar Selatan Drs. Tusiyem, Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman, Kapolsek , Koramil, SKPD, Para Kepala Desa Se-Kecamatan Bahar Selatan, para Sekdes, para BPD, dan Para Tokoh Masyarakat.

Camat Bahar Selatan Drs. Tusiyem dalam sambutanya, “berterima kasih atas peran aktif para Kades dan Sekdes juga masyarakat se-Kecamatan Bahar Selatan dalam musyawarah rencana pembangunan di tingkat desa yang telah berlangsung dengan lancar kondusif dan sukses sehingga menghasilkan usulan program kegiatan yangg benar2 menjadi kebutuhan masyarakat Bahar Selatan. Selain itu juga Camat memaparkan kegiatan pembangunan yg telah dilaksanakan  pada tahun 2014 lalu semoga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat bahar selatan secara langsung. dan untuk kedepan semoga Pembangunan di Bahar Selatan yg mana telah diusulkan melalui sistem bottom up planing (Musrenbang Desa) dan berdasarkan skala prioritas dapat terwujud.

Sambutan Bupati Muaro Jambi yg mana dalam hal ini dibacakan oleh Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman menyatakan, musrenbang kali ini mengusung tema " wujudkan sinergitas perencanaan pembangunan dalam tatanan perencanaan pembangunan kabupaten muaro jambi yang lebih baik". Selain itu juga bupati berpesan agar benar-benar mencermati aturan yang baru seperti undang2 23 tahun 2014 ttg pemerintahan daerah , undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang pemerintahan desa dan undang-undang pilkada. Terakhir agar seluruh skpd dan pemangku kepentingan bersama - sama, bahu membahu dalam membangun kabupaten muaro jambi lebih baik lagi

Guna mewujudkan Muaro Jambi yang Serdas Kuad Maju Bersama.

Ketua DPRD Salmah Mahir, SE dalam sambutannya diawali dengan perkenalan diri seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Beliau menjelaskan awal karirnya sebagai seorang guru hingga terjun kedunia politik dan menjadi ketua DPRD Ma. Jambi, kemudian Ketua DPRD memperkenalkan satu persatu dari 5 orang Anggotanya yg hadir diacara tersebut yg berasal dari Dapil Bahargroup dan mestong. Selain itu Ketua DPRD juga mengatakan " di bahar selatan ini unik berbeda dengan kecamatan lainnya, Saya (ketua DPRD) sudah 4 kali hadir di kecamatan mengikuti Musrenbang cuma di Bahar Selatan ini saya ada teman ibu-ibu duduk di depan biasanya saya (ketua DPRD) di apit oleh bapak-bapak, memang untuk membangun diperlukan sentuhan wanita candanya, langsung disambut dengan tepuk tangan dari peserta musrenbang. Hal ini dikarenakan Kecamatan Bahar Selatan Dipimpin oleh seorang wanita (camat), dan satu-satunya di Kabupaten Muaro Jambi. Semoga di tangan ibu Camat Pembangunan di bahar selatan dapat ditingkatakan demi kemajuan Muaro Jambi yang kita cintai tutupnya.


Musyawarah Rencana Pembangunan dipimpin langsung oleh  kepala bappeda Drs.Fathurrahman beliau menjelaskan sedikit tentang mekanisme perencanaan pembangunan daerah dan tata tertib  rapat musrenbang, Kemudian pimpinan meminta datuk (kades)  untuk memaparkan  usulan kegiatan prioritas pembangunan dr desa sekecamatan bahar selatan utk tahun 2016 yang dalam hal ini diwakili oleh ketua forum Kades Bakhori Lubis,SE dari Desa Tanjung Sari yang dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Kemudian  pimpinan rapat meminta SKPD terkait untuk menyampaikan kegiatan yg dilaksanakan di kecamatan Bahar selatan pada tahun 2015 sekaligus memberikan tanggapan dan penjelasan atas usulan dan pertanyaan dari kepala desa dan peserta rapat musrenbang.

Dan acara diakhiri dengan penandatangana berita acara musrenbang kecamatan Bahar Selatan oleh para pemangku kepentingan. semoga ke depan Kabupaten muaro jambi lebih baik.????
(Andie-Bappeda2015)

Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 13 Februari 2015 10:45 )

 

MUSRENBANG KEC. JALUKO 2015

 

Musrenbang Tingkat Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi memasuki hari ke 3 yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Jambi luar Kota Rabu 11 Februari 2015.

Acara dihadiri  Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi Salma Mahir, SE Anggota DPRD Dapil Jambi Luar Kota, Camat Jaluko Arizon, S.Stp, Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman, Kapolsek Jaluko, Koramil, Perwakilan SKPD, Perwakilan Perusahaan, Para Tokoh Masyarakat, LSM,  dan Wartawan.

Camat Jaluko dalam sambutanya, “Berterima kasih atas partisipasi Kades dan Sekdes juga masyarakat se-Kecamatan Jaluko berpartisipasi dalam musyawarah rencana pembangunan di Tingkat Desa sehingga kehadiran para perangkat desa menjadi vital untuk mensukseskan musrenbang di tingkat kecamatan ini, partisipasi masyarakat juga sangat diharapkan dalam bentuk aspirasi karena berbagai persoalan yang langsung menyentuh masyarakat di pedesaan.

Bupati dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman memeberi sambutan, musrenbang kali ini mengusung tema " wujudkan sinergitas perencanaan pembangunan dalam tatanan perencanaan pembangunan kabupaten muaro jambi yang lebih baik". Selain itu juga bupati berpesan agar benar - benar mencermati aturan yang baru seperti Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah , Undang-Undang Nomor : 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa dan Undang-Undang Pilkada. Terakhir agar seluruh SKPD dan pemangku kepentingan bersama - sama, bahu membahu dalam membangun kabupaten muaro jambi lebih baik lagi Guna mewujudkan muaro Jambi yang Cerdas Kuad Maju Bersama.

Ketua DPRD Salmah Mahir, SE dalam sambutannya mengatakan kegiatan-kegiatan tatap muka seperti ini perlu dilaksanakan guna menjalin dan meningkatkan silaturrahmi antara pemangku kepentingan, jangan sungkan untuk memberikan ide kepada pimpinan. Kemudian utk pelaksanaan anggaran tahun lalu banyak berita yg simpang siur tidak jelas sumbernya. Yang terjadi sebnarnya hanya dana yang seharusnya turun dari pemerintah pusat itu tidak turun sehingga kondisi keuangan pemda agak terganggu tapi secara keseluruhan pembangunan tetap berjalan dengan lancar dan baik.


Selaku pimpinan rapat Kepala Bappeda Drs. Fathurrahman memberikan kesempatan kepada datuk (kades) untuk penyampaian paparan usulan kegiatan prioritas dari desa di Kecamatan Jaluko untuk Tahun 2016 yang dalam hal ini diwakili oleh datuk  Desa Senaung Sulaini, SP.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan dari SKPD terkait sekaligus diskusi singkat.


Dan akhir acara ditandatangani berita acara musrenbang kecamatan oleh para pemangku kepentingan semoga ke depan Kabupaten muaro jambi lebih baik.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 17 Februari 2015 13:49 )

 

SELAYANG PANDANG

SELAYANG PANDANG BAPPEDA MUARO JAMBI

KANTOR BAPPEDA MUARO JAMBI

Visi Bappeda Kabupaten Muaro Jambi untuk Periode 2011-2016 adalah :

“Terwujudnya Bappeda sebagai Lembaga Perencanaan Pembangunan yang Profesional, Aspiratif dan Inovatif”

 

Makna Pokok yang terkandung dalam Pernyataan Visi diatas adalah :

Lembaga Perencanaan Pembangunan yang Profesional mengandung makna dalam menyusun kebijakan perencanaan pembangunan selalu mengedepankan azas keterbukaan, transparansi, menyediakan data perencanaan yang akurat dan akuntabel yang didukung dengan kemampuan sumberdaya aparatur perencana yang handal dan profesional.

Aspiratif mengandung makna Kebijakan perencanaan pembangunan daerah disusun berdasarkan apa yang menjadi aspirasi dan kebutuhan masyarakat, sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini dengan melibatkan berbagai stake holder pembangunan.

Inovatif mengandung makna bahwa dengan dukungan sumberdaya aparatur perencana yang handal dan profesional, dapat menghasilkan kebijakan perencanaan pembangunan yang berkualitas, memiliki tujuan dan sasaran yang jelas dan terukur, selalu menciptakan ide-ide perencanaan pembangunan yang kreatif, serta memiliki mind set pembangunan  yang lebih maju, efektif dan efisien.

 

MISI Bappeda Tahun 2011-2016

1. Menyusun kebijakan perencanaan pembangunan daerah yang aspiratif dan berkualitas berlandaskan keberpihakan kepada masyarakat, berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

2. Meningkatkan koordinasi dan sinergitas perencanaan pembangunan daerah.

3. Mengoptimalkan pemanfaatan sistem informasi dan data perencanaan pembangunan daerah yang komprehensif dan akurat.

4. Meningkatkan sumberdaya Aparatur perencana yang profesional dan bertanggungjawab.

 

Tujuan dan Sasaran

 

Berdasarkan Visi dan Misi Bappeda, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muaro Jambi menetapkan tujuan sebagai berikut :

1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembangunan daerah;

2. Meningkatkan akuntabilitas perumusan kebijakan pembangunan daerah;

3. Meningkatkan/mendapatkan dukungan masyarakat terhadap proses perencanaan pembangunan daerah;

1. Meningkatnya kualitas perancanaan, pengendalian dan penelitian yang terkoordinasi.

2. Meningkatnya sistem perencanaan, pengendalian dan penelitian yang terkoordinasi.

3. Meningkatnya kemampuan aparatur dalam penyusunan perencanaan.

4. Meningkatnya kemampuan aparatur dalam peyusunan penelitian

5. Meningkatnya output dan outcome pelaksanaan pembangunan.

6. Meningkatnya kelancaran pelaksanaan tugas.

7. Meningkatnya dokumentasi hasil perencanaan dan penelitian.

8. Meningkatnya disiplin dan kinerja aparatur.

 

Strategi dan Kebijakan


Strategi yang ditempuh dalam upaya pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan adalah, meliputi :

1. Peningkatan kualitas Perencanaan, pengendalian dan penelitian.

2. Peningkatan kualitas SDM aparatur Perencana dan Peneliti.

3. Peningkatan kualitas Pelaksanaan dan Pelaporan Pembangunan Daerah.

4. Peningkatan sarana prasarana kerja.

5. Peningkatan kualitas dokumen perencanaan dan penelitian

6. Peningkatan Disiplin dan semangat kerja aparatur.

Selanjutnya strategi yang disusun diimplementasikan melalui beberapa kebijakan sebagai berikut :

1. Menetapkan perencanaan, pengendalian dan penelitian pembangunan yang sesuai dengan kondisi dan potensi wilayah.

2. Penyusunan perencanaan dan penelitian didasarkan atas kebutuhan.

3. Melaksanakan atau mengikuti pendidikan dan pelatihan bagi perencana.

4. Melaksanakan atau mengikuti pendidikan dan pelatihan bagi peneliti.

5. Meningkatkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi.

6. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pembangunan.

7. Meningkatkan sistem monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan.

8. Meningkatkan sistem kerja yang berkualitas.

9. Meningkatkan motivasi kerja.

10. Meningkatkan sarana dan prasarana dukumentasi.

11. Meningkatkan sistem kearsipan.

12. Meningkatkan etos kerja.

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 16 Juni 2015 14:23 )

 

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL