SITUS RESMI BAPPEDA KABUPATEN MUARO JAMBI (http://www.bappedamj.muarojambikab.go.id) Tag Line Muaro Jambi : “MUARO JAMBI MELAYANI"
BERITA TERKINI ..
article thumbnailBERITA BAPPEDAHARI KEBANGKITAN NASIONAL

    Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2015 ini diperingati secara sederhana yaitu dilakukannya Upacara Bendera Gabungan antara Anak Sekolah, Pegawai Negeri Sipil Forkompinda dan unsur lainnya. Hari  [ ... ]


Other Articles
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHARI INI271
mod_vvisit_counterKEMARIN366
mod_vvisit_counterMINGGU INI271
mod_vvisit_counterMINGGU LALU2187
mod_vvisit_counterBULAN INI7069
mod_vvisit_counterBULAN LALU12315
mod_vvisit_counterTOTAL313906

Kami memiliki: 8 Tamu online
Your IP: 54.156.65.91
 , 
Today: Jul 23, 2017
Login Form



Home
BERITA KEGIATAN
BERITA BERGAMBAR
img-20170202-wa0015.jpgimg-20170209-wa0017.jpgimg-20170209-wa0019.jpgimg-20170209-wa0020.jpgimg-20170209-wa0021.jpg

Peringatan Hari Ibu, Bela Negara, Pemberantasan Korupsi

 

 

 

TANGGAL 22 DESEMBER 2016

PERINGATAN HARI IBU, HARI BELA NEGARA DAN HARI PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN KORUPSI

 

Upacara meringati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2016 ini dibarengi dengan peringatan Hari Bela Negara dan Hari Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Dalam kegiatan ini Pemimpin Upacara dan segenap pembawa Upacara semua dilaksanakan oleh personil Perempuan kecuali dirigen Paduan Suara sebagai emansipasi dilakukan oleh bapak-bapak. Upacara ini di Pimpin Langsung oleh Penjabat Bupati Muaro Jambi yaitu Bapak Kailani, SH, M.Hum, dihadiri oleh : Ketua DPRD Muaro Jambi, Kodim 0425 Batang Hari, Kapolres Muaro Jambi, Kepala Pengadilan Tinggi, Kepala Pengadilan Negeri, Sekretaris Daerah beserta Pejabat dilingkungan Pemkab Muaro Jambi dan Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemda Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam sambutannya Pjt. Bupati Menyampaikan "Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terlaksananya upacara pada hari ini, terutama kepada para ibu yang terus semangat dalam mengamalkan nilai-nilai yang terkandung serta hikmah pada hari ibu. Mudah-mudahan melalui kegiatan upacara ini rasa kebersamaan, jalinan silaturahmi dan semangat perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa dapat terus dilanjutkan guna mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamaian yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai pengamalan Pancasila".

Selain dari itu Bupati menyampaikan beberapa hal antara lain : Untuk terus meningkatkan dan menjaga kedisiplinan serta profesionalisme kita sebagai aparatur pemerintah pelayan masyarakat, senantiasa menjaga kebersihan dilingkungan kerja masing-masing, karena situasi kerja yang bersih tersebut dapat menandakan kebersihan jiwa kita untuk berbuat lebih baik dalam melaksanakan berbagai tugas yang kita emban, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan dan komponen masyarakat  Muaro Jambi yang telah menciptakan situasi aman dan kondusif sampai saat ini, dihimbau kepada semua Aparatur untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta kekompakan dalam kapasitasnya sebagai aparatur negara pelayan masyarakat. Mudah-mudahan dengan tetap menjaga persatuan dan kekompakan, situasi aman dan kondusif dapat terus tercipta sehingga pelaksanaan pembangunan yang sedang dan terus kita laksanakan dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya berkaitan dengan Peringatan Hari Ibu Ke – 88 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Muaro Jambi dengan tema utama adalah “Kesetaraan Perempuan dan Laki – laki Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Bebas Dari Kekerasan, Perdagangan Orang dan Kesenjangan Akses Ekonomi Terhadap Perempuan”. Tema tersebut memberi makna bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Selain itu juga sebagai momentum guna merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kaum perempuan Indonesia bagi Bangsa dan Negara. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita – cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Kaum perempuan tidak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan, tetapi ikut berperan melaksanakan dan berpartisipasi dalam proses pembangunan, juga dalam peran politik yang berarti ikut serta dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat bangsa dan Negara. Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, dilandasi oleh cita – cita yang aman, tentram, damai, adil dan makmur yang telah dinyatakan semenjak Kongres Perempuan Indonesai yang pertama kali pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peristiwa tersebut merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan  kaum perempuan Indonesia dan senantiasa diperingati setiap tahunnya oleh bangsa Indonesia. Sehingga dapat menggugah ingatan dan pemikiran bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia sangat dirasakan manfaatnya dalam segala aspek kehidupan.

Tujuan peringatan Hari Ibu secara umum adalah guna meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan.
Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat yang berdampak kepada kondisi lingkungan, maka kaum ibu menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab menjadi semakin berat baik sebagai pendidik ditengah keluarga bagi anak – anaknya maupun sebagai anggota masyarakat. Hal ini menggambarkan bahwa perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang. Dan keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita – cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Terakhir Diperbaharui ( Rabu, 01 Februari 2017 07:44 )

 

Upacara Hari Sumpah Pemuda

Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016


Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016 langsung dipimpin oleh Pj.Bupati Muaro Jambi Bapak Kailani, SH, M.Hum dilapangan upacara Bukit Cinto Kenang komplek perkantoran Sengeti.

Dalam pidatonya Pj.Bupati Muaro Jambi menyampaikan Sambutan Kemenpora yang mengutip perkataan Presiden pertama RI yang bunyinya "Beri Aku 10.000 orang tua, niscaya akan Aku cabut seneru dari akarnya, Dan Beri Aku 10 pemuda Maka akan Aku guncang dunia". Maksudnya dengan kemajuan teknologi, apabila pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya serta berinovasi untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia maka kemajuan dan keberhasilan dapat dicapai. Jumlah Pemuda yang besar saja tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik. Tugas kita semua untuk percepatan pembangunan di Indonesia. Dicontohkan tentang kenerhasilan Pemuda dibidang Olah Raga kita berhasil mengembalikan tradisi emas di ajang Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil melalui cabang olahraga Bulutangkis, dunia juga berguncang. Semua orang pun tahu peraih medali emas itu adalah Owi-Butet, anak muda berusia 27 dan 30 tahun.

Bukan hanya di ajang olahraga, di sektor-sektor lain seperti Industri kreatif, kita juga menemukan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mengharumkan negara dan bangsa di kancah internasional. Ada Joe Taslim, aktor muda yang berhasil mengguncang panggung Hollywood melalui film fast and furious. Ada juga sutradara muda usia 27 tahun asal Blitar Jawa Timur, Livi Zheng yang berhasil mengguncang panggung perfilman Hollywood melalui karya-karya berkelasnya.


Di dunia musik, kita punya Sandhy Sundoro musisi muda Indonesia yang di usianya 28 tahun telah berhasil menyabet penghargaan Internasional Contest of Young Pop Singer di Latvia pada 2009 dengan mendapatkan nilai nyaris sempurna dari seluruh juri. Data BPS menyebutkan bahwa Industri Kreatif hari ini menyumbang tidak kurang dari 7 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Sebuah kontribusi yang tidak bisa dianggap kecil ditengah pelambatan ekonomi dunia.
Hari ini, kita juga memiliki anak-anak muda potensial dibidang start up, yang omzetnya mengundang decak kagum pebisnis online dunia. Ada Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek, ada Achmad Zaky, CEO Bukalapak dan ratusan CEO-CEO muda Indonesia di bidang Teknologi Informasi yang dipercaya oleh perusahaan multinasional Tahun 2015, dilaporkan terdapat 62 start up Indonesia yang kebanjiran dana investasi hingga puluhan triliun rupiah. Omzet belanja online (e-commerce) Indonesia sendiri pada Tahun 2015 dilaporkan telah mencapai Rp. 200 triliun lebih (Kemendag, 2015). Jika tren ini bisa dikelola dengan baik, maka perekonomian Indonesia akan maju pesat. Tentu, dengan catatan bahwa dari lalu lintas dan mata rantai bisnis online tersebut, para pemuda Indonesia harus berada pada posisi sebagai produsen bukan sekedar sebagai konsumen.


Selain pencapaian di bidang teknologi informasi, kita juga punya anak-anak muda hebat sekelas Gamal Ali Bin Said, 27 tahun asal Malang Jawa Timur yang berhasil mencuri perhatian Pangeran Charles Inggris atas inovasi Asuransi Bank Sampahnya. Termasuk, beberapa waktu lalu kita juga dibuat bangga oleh diplomat Muda Indonesia, Nara Masista Rakhmatia yang mampu mengguncang persidangan PBB karena diplomasinya yang keras, cerdas dan tegas melindungi Papua dari rongrongan negara-negara asing.

Dilanjutkan dengan sambutan Pj. Bupati Muaro Jambi ditahun depan Tahun 2017 bahwasanya beliau akan berinvestasi kepada Aparatur Sipil Negara terutama Pemerintahan Kabupaten Muaro Jambi, beliau akan berinvestasi mengenai Tunjangan Kesejahteraan Daerah (TKD) kepada ASN Muaro Jambi sesuai dengan Pangkat dan Jabatan serta Golongan masing-masing dan ditambahkan lagi dengan investasi Pemberian Pakaian Dinas Kepada seluruh ASN Muaro Jambi.

Maksud dari Investasi disini adalah Modal yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara sebagai suportivitas agar etos kerja para Aparatur Sipil Negara dapat meningkat dan menjadi motivasi maupun sugesti dalam berkreasi dalam melaksanakan tugasnya sebagai aparatur sipil negara.

 

Terakhir Diperbaharui ( Senin, 31 Oktober 2016 13:28 )

 

Lomba Gerak Jalan Santai

Lomba Gerak Jalan santai dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Muaro Jambi Ke 17 beberapa waktu yang lalu.

Lomba gerak jalan santai ini langsung dilepas oleh Pj. Bupati Muaro Jambi Bapak Kailani, SH, M.Hum bersama Bapak Kapolres Muaro Jambi, peserta yang ikut dalam lomba gerak jalan santai ini adalah seluruh SKPD lingkup Kabupaten Muaro Jambi dan unsur Forkopimda Kabupaten Muaro Jambi.

 

Dalam rangka memeriahkan Hari jadinya Ke 17 ini Kabupaten Muaro Jambi melaksanakan berbagai kegiatan yang salah satunya adalah dilakukannya lomba gerak jalan santai, lomba memasak serta lomba hiburan lainnya.

 

 

 

Terakhir Diperbaharui ( Sabtu, 29 Oktober 2016 07:58 )

 

HUT Ma. Jambi Ke-17

Hari Ulang Tahun Kabupaten Muaro Jambi ke-17

Berdasarkan Undang-Undang Nomor : 54 tahun 1999 dan diresmikan tanggal 12 Oktober 1999, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor : 14 Tahun 2000 tentang Pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Timur. Berdasarkan Peraturan Perundang-undangan tersebut Kabupaten Muaro Jambi secara administrasi pemerintahan efektif mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 1999. Begitu juga dengan 3(tiga) Kabupaten Lainnya, namun karena sesuatu dan lain hal maka peringatan HUT Muaro Jambi dapat dilaksakan pada Tanggal 17 Oktober 2016, dengan deikian Kabupaten Muaro Jambi sekarang genap berusia 17 tahun.

Pelaksanaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muaro Jambi ini dilaksanakan di DPRD Muaro Jambi dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Muaro Jambi, kegiatan ini terlaksana sangat meriah ditandai dengan dihadirinya oleh Gubernur Jambi : H. Zumi Zola, S.TP, MA beserta Hj. Sherrin Tharia Zola selain dari itu diundang pula pasangan calon Bupati Muaro Jambi. Dalam Sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi mempertanyakan bagaimana keberlanjutan dan progres Pembangunan di Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam Paparan Pidato Penjabat Muaro Jambi dijelaskan bahwa pembangunan di Kabupaten Muaro Jambi mengalami peningkatan begitu signifikan, Penjabat Bupati Muaro Jambi mengatakan "Mengupayakan keberlangsungan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan? Mengupayakan keberlangsungan pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat? Bersama dengan Forkopimda dan semua pihak terkait, dapat membantu KPU dan Panwaslu untuk mensukseskan pelaksanakan Pilkada Serentak khusus di Kabupaten Muaro Jambi. Harapan kita bersama Pilkada Serentak ini  berjalan dengan baik dalam suasana yang kondusif, ditambahkan  oleh Penjabat Bupati Muaro Jambi Rehabilitasi yang diarahkan pada sekolah yang rusak berat dan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) pada  sekolah yang daya tampungnya rendah dalam rangka meningkatkan rata-rata tamat  sekolah (Mean Year Schooling). Peningkatan kapasitas PKBM dan Lembaga-lembaga swadaya lainnya dalam rangka mempercepat pemberantasan Buta Aksara. Peningkatan kemampuan SDM pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka meningkatkan mutu Lulusan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Peningkatan pada bidang pendidikan dapat pula dilihat dari salah satu indikator keberhasilannya yaitu dari Angka Partisipasi Kasar (APK), Angka Partisipasi Murni (APM) dan Angka Kelulusan pada tahun 2016.

Selesai Pelaksanaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muaro Jambi di depan gedung DPRD Kabupaten Muaro Jambi Gubernur Jambi di wawancarai oleh wartawan mengenai pemindahan Pegawai dan Aset guru SMP dan SMA menjadi Pegawai Provinsi Jambi, menanggapi hal tersebut menurut gubernur "Hal ini akan dikoordinasikan dengan  Kementerian Pendidikan Nasional tentang pendanaan baik masalah Tunjangan, gaji maupun peningkatan sarana dan prasana baik pembangunan baru maupun rehab gedung dan pengadaan barang dan jasanya".

Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 18 Oktober 2016 13:18 )

 

PARIPURNA LKPJ

SIDANG PARIPURNA LKPJ BUPATI MUARO JAMBI TAHUN 2015

TAHUN ANGGARAN 2016

 
Artikel Lain...

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 Berikutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL